Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kanker Otak

Selamat datang di yayatherbal.com yang merupakan situs kesehatan terbaik yang selalu berbagi informasi mengenai kesehatan dan pengobatan. Dalam artikel kali ini kami akan membahas informasi mengenai Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kanker Otak Terbaik yang mungkin dapat menjadi referensi anda dalam mencari pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan penyakit kanker otak yang sedang diderita.

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kanker Otak Terbaik

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kanker Otak Terbaik

Kanker otak adalah tumor ganas pada otak yang bisa menyebar secara cepat ke bagian lain dari otak dan tulang belakang. Kanker otak merupakan salah satu penyakit kanker yang dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Menurut data WHO, pada tahun 2012 ada sekitar 4900 kasus kanker otak yang terjadi di Indonesia. Jika dilihat dari jenis kelaminnya.

Penyebab Kanker Otak
Sebagian besar kanker otak adalah hasil penyebaran kanker yang berasal dari organ tubuh lain melalui aliran darah. Sedangkan penyebab kanker otak yang berasal langsung dari otak masih belum diketahui.

para ilmuwan masih mencoba untuk mencari tahu penyebab kanker otak melalui berbagai penelitian. Berikut adalah beberapa faktor yang berpotensi meningkatkan risiko seseorang terjangkit penyakit kanker otak :

1. Kelainan Gen
Adanya kelainan gen dapat menyebabkan terjadinya pertumbuhan sel yang tidak terkendali, yang pada akhirnya menyebabkan kanker. Penyusunan ulang kromosom juga menyebabkan gen abnormal.

2. Paparan bahan kimia
Beberapa bahan kimia dapat mengubah struktur gen yang melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dan kanker. Orang-orang yang bekerja di kilang minyak, pabrik kimia dan laboratorium nuklir, berisiko lebih tinggi terkena kanker.

3. Kondisi genetik tertentu
Kondisi genetik tertentu, seperti neurofibromatosis dan sindrom retinoblastoma, juga dapat menyebabkan kanker otak dengan mengubah gen atau kromosom.

4. Terapi radiasi
Orang yang pernah melakukan terapi radiasi pada kepala akibat pengobatan penyakit tertentu, dapat meningkatkan risiko pertumbuhan sel tumor ataupun kanker. Tumor di otak dapat menyebabkan stres dan kerusakan pada daerah di sekitarnya. Itulah yang kemudian berkembang menjadi kanker

5. Faktor Keturunan
Anak dengan riwayat keluarga yang mengalami kanker otak berisiko mengembangkan tumor pada sistem saraf pusat.

Belum dapat diketahui secara pasti apa kaitan antara frekuensi radio dari pemakaian ponsel dan tumor otak. Energi dari frekuensi radio dapat menghasilkan panas yang kemudian meningkatkan suhu tubuh dan merusak jaringan sel tubuh yang terpapar. Untuk saat ini, telah disimpulkan bahwa frekuensi radio dari ponsel terlalu rendah untuk menghasilkan efek tersebut. Penelitian untuk memastikan hal ini masih terus berlanjut.

Gejala Kanker Otak
Tidak semua penderita penyakit kanker otak mengalami berbagai gejala yang sama, bahkan tidak sedikit para pasien yang tidak merasakan gejala apapun sampai penderitanya meninggal. Hal ini dikarenakan belum dapat diketahui secara pasti apa gejala dari penyakit ini. Artinya gejalanya juga hampir sama atau dapat disebabkan oleh penyakit-penyakit lainnya. Umumnya gejala penyakit kanker otak terjadi karena adanya :

Adanya pembengkakan pada otak yang disebabkan karena adanya sel tumor atau peradangan disekitarnya.
Berukurangnya fungsi atau hilangnya fungsi dari jaringan otak yang disebabkan karena adanya penekanan pada jaringan otak yang disebabkan oleh sel kanker.

Berikut ini adalah beberapa gejala serta tanda penyakit kanker otak yang paling sering terjadi :

  • Sering merasakan sakit pada kepala
  • Melemahnya kondisi tubuh
  • Mengalami kesulitan berjalan
  • Kejang-kejang
  • Mual disertai muntah

Gejala lainnya yang dapat terjadi seperti :

  • Mental berubah – perubahan memori, konsentrasi, kewaspadaan, atau perhatian.
  • Mual-mual dan muntah
  • Penglihatan mengalami gangguan
  • Terjadi perubahan prilaku secara bertahap dalam kapasitas emosional atau intelektual

Apabila anda ataupun saudara anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, alangkah baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan MRI atau CT scan untuk mendapatkan hasil diagnosa yang tepat.

Pengobatan Kanker Otak
Umumnya pengobatan kanker otak dilakukan dengan cara pembedahan untuk mengangkat tumor yang terdapat pada otak. Setelah itu, biasanya dilakukan kemoterapi, radioterapi ataupun gabungan dari keduanya untuk mengatasi sisa-sisa jaringan tumor yang masih ada pada otak.

Walaupun sudah ditangani dengan pembedahan dan juga radioterapi serta kemoterapi, akan tetapi penyakit kanker otak juga dapat muncul kembali. Ketika hal ini terjadi, prosedur yang dilakukan berikutnya adalah untuk memperpanjang usia kehidupan selama mungkin dan menangani gejala yang ada.

Penanganan Terhadap Kanker Otak Primer
Terdapat beberapa pengobatan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit kanker otak primer (berasal dari otak) diantaranya yaitu :

1. Pembedahan
Pembedahan sendiri bertujuan untuk mengangkat tumor yang terdapat pada otak tanpa merusak jaringan yang terdapat disekitarnya. Proses ini biasanya dilakukan dengan cara sebagian tengkorak akan dibuka atau dikenal dengan proses kraniotomi, untuk melihat tumor yang terdapat didalamnya. Kemudian setelah itu, dokter spesialis bedah otak akan mengangkat tumor yang terdapat dalam otak tersebut.

Selain dengan pembedahan, ada kemungkinan dokter juga akan menjalankan terapi photodynamic. Dalam terapi ini, biasanya akan dimasukan obat yang sensitif terhadap cahaya ke dalam pembuluh darah dan diserap langsung oleh sel kanker yang masih tersisa. Ketika sinar laser diarahkan pada sel-sel kanker, obat ini akan aktif dan langsung membunuh sel-sel kanker yang terdapat pada otak.

Biasanya setelah operasi pengangkatan tumor primer, akan dilakukan penanganan radioterapi atau kemoterapi, atau bisa gabungan keduanya untuk mengurangi risiko agar tumor tidak kembali.

2. Kemoterapi
Kemoterapi dilakukan untuk menangani tumor yang berada jauh di dalam otak dan sulit diangkat tanpa merusak jaringan saraf lainnya. Kemoterapi adalah pengobatan yang dipakai untuk membunuh sel-sel kanker dan bisa diberikan berupa tablet, suntikan, atau implan.

3. Radioterapi dan Radiosurgery
Sama halnya dengan kemoterapi, radioterapi serta radiosurgery juga memiliki fungsi menangani tumor yang berada jauh di dalam otak dan sulit diangkat. Dalam proses radioterapi, dosis radiasi berenergi tinggi dipusatkan pada tumor untuk menghentikan sel-sel kanker agar tidak terus menggandakan diri.

Sedangkan pada radiosurgery, radiasi yang dipakai memiliki intensitas lebih rendah dan radiasi ini diberikan selama beberapa kali. Fungsi dari radiosurgery adalah memusatkan dosis radiasi dengan energi tingkat tinggi pada tumor untuk membunuhnya.

Perbedaannya, pada radioterapi ada pada sinar radiasi dengan intensitas yang lebih tinggi, berpusat pada bagian kecil area dari otak, dan hanya diberikan selama satu sesi (tidak beberapa kali).

Penanganan Terhadap Kanker Otak Sekunder
Kanker otak sekunder adalah kanker yang mana sel kanker tersebut telah menyebar ke bagian tubuh yang lain dan telah terindikasi sebagai kondisi tumor yang serius. Dalam kondisi ini, umumnya perawatan dilanjutkan hanya untuk mengendalikan tumor tersebut dan memperpanjang usia.

Beberapa perawatan yang bisa dilakukan diantaranya yaitu dengan :

  • Obat penghilang rasa sakit, untuk meringankan sakit kepala.
  • Obat anti mual, bisa membantu melegakan gejala mual yang disebabkan meningkatnya tekanan di dalam kerangka kepala.
  • Kortikosteroid, obat untuk mengurangi pembengkakan dan tekanan pada otak.
  • Obat-obatan antikonvulsan, yang mencegah kejang-kejang epilepsi.
  • Kemoterapi dan radioterapi.

Terdapat alternatif lain jika pasien tidak ingin menjalani perawatan kanker, yaitu dengan Perawatan paliatif yang bertujuan untuk mengendalikan gejala-gejala akibat kanker dan membuat penderita merasa lebih nyaman.

Jika memilih perawatan paliatif, pasien hanya akan mendapat efek samping dari perawatan tanpa menghilangkan tumor. Konsultasikan dengan dokter agar penderita paham dengan apa yang akan terjadi jika memilih untuk tidak dirawat.

Itulah informasi mengenai Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kanker Otak Terbaik yang mungkin bisa anda lakukan. Semoga saja informasi yang telah disampaikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai penyakit kanker otak.

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kanker Otak Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *